Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gorontalo awal pekan ini memberikan santunan kepada 250 warga miskin yang punya usaha kecil di daerah tersebut.

Ketua Baznas Kota Gorontalo Ikhsan Hakim, di Gorontalo, Jumat, mengatakan sasaran warga yang diberikan bantuan yakni keluarga yang tidak mampu, namun dalam menopang hidupnya berusaha dengan cara membuka warung kecil-kecilan.

Menurut dia, warga yang berusaha dengan membuka warung kecil tersebut biasanya modal mereka di bawah Rp500 ribu, sehingga keuntungan yang diperoleh belum tentu bisa menopang kehidupan sehari-hari.

Dia mengungkapkan, sebanyak 250 warga yang mendapat bantuan tersebut berasal dari 50 kelurahan di daerah ini, masing-masing kelurahan diberikan jatah lima orang.

Kami telah menghimbau kepada lurah agar memastikan warga yang menerima bantuan tersebut memang benar-benar tidak mampu dan memerlukan santunan untuk menambah usahanya," kata Ikhsan.

Dia menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada warga yang miskin tersebut berupa minyak goreng, gula, beras dan sedikit dana untuk menambah modal usaha mereka.

Ikhsan mengingatkan agar bantuan yang diberikan digunakan untuk menambah kapasitas usaha sehingga menopang keperluan rumah tangga dan mampu memperbaiki kualitas hidup keluarga penerima.

Namun, katanya, warga jangan selalu mengharapkan ataupun menunggu adanya program bantuan dari pemerintah, karena pola tersebut akan membuat warga jadi malas berusaha.

Warga harus tekun dalam berusaha dan jangan selalu hanya berharap adanya bantuan dari pemerintah," kata Ikhsan seraya menambahkan bahwa bantuan semacam ini sudah menjadi salah satu program Baznas Kota Gorontalo.

Pewarta: M.F Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015