Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Ratusan guru honor di Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato menerima insentif yang diserahkan oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat.

Penyerahan dilakukan di dua lokasi berbeda. Untuk guru honor Kabupaten Pohuwato diserahkan pada rangkaian acara puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kecamatan Buntulia, sedangkan untuk Boalemo dicairkan di SMA 1 Paguyaman, Kabupaten Boalemo.

Kabupaten Pohuwato mimiliki 440 orang guru honor dengan total anggaran yang dicairkan untuk Triwulan I sebesar Rp660 juta.

Secara keseluruhan total anggaran untuk Pohuwato sebesar Rp2,64 miliar per tahun.

Sementara untuk Kabupaten Boalemo ada 425 orang dengan anggaran Rp638 juta per triwulan. Total anggaran untuk insentif guru honor Boalemo sebesar Rp2,55 miliar.

Gubernur mengatakan tambahan insentif diharapkan bisa membantu guru honor memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain untuk peningkatan kesejahteraan, diharapkan insentif dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kinerja mereka.

"Pemprov setiap tahun mengalokasikan anggaran untuk menambah insentif guru honor. Insentif yang kami berikan ini sifatnya hanya tambahan mengingat pembiayaan dari kabupaten/kota masih kecil. Jangan sampai pemprov beri insentif tapi pemda kabupaten dan kota malah mengurangi," ujarnya.

Gubernur mengatakan pihaknya berencana menaikkan insentif bagi guru honor, karena rendahnya honor guru yang diterima yakni sekitar Rp200 ribu per bulan.

"Yang tertinggi itu di Kabupaten Gorontalo Utara. Tahun 2009 saat saya menjabat bupati, kami menganggarkan 500 Ribu untuk setiap guru honor. Angka itu masih kecil, makanya saya berkeinginan minimal setara dengan UMP 1,6 Juta Rupiah," imbuhnya.

Untuk memuluskan rencana tersebut, gubernur meminta kepada Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) untuk segera mengundang Dinas Pendidikan kabupaten/kota duduk satu forum.

Pertemuan itu untuk membahas anggaran antara provinsi dengan kabupaten/kota, regulasi termasuk faktualisasi data guru honor dari tiap daerah.

Selain menyerahkan insentif bagi guru honor, kunjungan kerja Gubernur saat itu turut menyerahkan bantuan Program Pendidikan Untuk Rakyat (Prodira) bagi kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

Bantuan diberikan untuk operasional per siswa serta bantuan pembangunan ruang kerja baru (RKB).

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015