Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin menargetkan penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) naik dari nilai B menjadi BB, bahkan A.

"Untuk penilaian LAKIP, kita sudah bertahan selama lima tahun dengan nilai B, maka perlu meningkatkannya," ujar Indra Yasin di Manado, Selasa, usai membuka kegiatan asistensi dokumen LAKIP, di salah satu hotel berbintang di kota itu.

Untuk mencapainya, kata dia, pemerintah daerah melalui bagian Organisasi Sekretariat Daerah, menggelar asistensi dokumen LAKIP. Dengan harapan seluruh perencana di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapatkan masukan berupa teori hingga praktik, agar dapat mengimplementasikan penyusunan dokumen LAKIP sesuai kinerja pemerintah daerah di setiap tahun anggaran.

Hal itu, lanjut dia, mengingat LAKIP bukan sekadar pertanggungjawaban bupati sebagai kepala daerah kepada masyarakat, namun sebagai laporan pada pemerintah pusat. Sekaligus menjadi bahan evaluasi terhadap kelebihan dan kekurangan kinerja bupati serta OPD.

"Saya sangat berharap jauh-jauh seluruh perencana ke Kota Manado, agar dapat mengikuti asistensi dokumen ini dengan baik, sebab muaranya adalah untuk kepentingan kinerja pemerintah daerah," ucapnya.

Bahkan, lanjut Indra Yasin, hal itu sangat menentukan kinerja pemerintah daerah ke depan untuk masa depan daerah menjadi lebih baik.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020