Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Toni Yunus, mengakui sangat berduka atas berpulangnya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, dan politisi nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)Taufiq Kiemas.

Toni yang juga menjabat Ketua DPD PDIP Provinsi Gorontalo, mengatakan, jika sosok Taufiq sangat menginspirasi generasi muda dan kader partai dalam menjalankan politik yang mampu merangkul seluruh kalangan, serta ulet dan tangguh dalam turut membesarkan partai dan memajukan Indonesia.

Terbukti kata Toni, keteladanan dan jiwa besar Taufiq mampu diimplementasikannya pada para kader muda PDIP di daerah itu, diantaranya politik santun yang terbukti sangat membangun keharmonisan antara pemerintah daerah dan DPRD setempat.

Jiwa nasionalis dan negarawan sejati yang lekat pada diri Taufiq pun kata Toni, cukup mempengaruhi dirinya sebagai ketua partai daerah untuk membangun generasi muda yang mencintai daerahnya, bangsa dan negara serta mampu memperjuangkan kemenangan PDIP yang mengutamakan kepentingan rakyat.

"Rakyat daerah ini, khususnya kader partai, sangat kehilangan sosok Taufiq yang dikenal memiliki pergaulan luas, bahkan tak segan memberikan motivasi bagi pemimpin partai di daerah," Ujar Toni.

Selain itu kata Toni, sosialisasi empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika yang terus diperjuangkan oleh Taufiq Kemas, juga dilakukan intensif di daerah ini.

Bahkan sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut, tidak hanya dilakukan di tingkat aparatur pemerintahan daerah, namun menjangkau seluruh sekolah, lembaga kemasyarakatan maupun organisasi kepemudaan dan perempuan serta partai politik.

"Keutamaan dalam mengedepankan kepentingan rakyat, sangat memacu pemerintah daerah untuk memprioritaskan pembangunan merakyat," Ujar Toni.

Rencananya, DPD PDIP Gorontalo akan menggelar doa tahlilan bersama, untuk mendoakan almarhum Taufiq Kiemas sebagai bapak inspirator dan teladan bagi kader partai tersebut. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013