Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin mengatakan, puskesmas wajib mendapatkan dukungan anggaran yang memadai sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan.

"Masyarakat lebih suka datang ke puskesmas untuk berobat dan sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, puskesmas dituntut melayani berbagai kondisi pelayanan yang diperlukan masyarakat, maka dukungan anggaran harus teralokasi dengan memadai," kata Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Ridwan Yasin di Gorontalo, Jumat.

Selain anggaran, penguatan sumber daya manusia (SDM) aparatur yang bertugas di puskesmas pun harus terus ditingkatkan.

Seperti melalui kegiatan 'workshop' peningkatan kapasitas penanggungjawab dan tim mutu reakriditasi puskesmas yang diselenggarakan setiap tahun oleh dinas kesehatan.

Ini menjadi bentuk penguatan yang konsisten diselenggarakan pemerintah daerah, dengan harapan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan puskesmas di daerah ini semakin paripurna.

Orang sakit jangan lagi ke dukun sebab fasilitas kesehatan yang disiapkan pemerintah daerah semakin baik dan berkembang, baik dari sisi sarana dan prasarana, SDM aparatur termasuk dokter, serta pelayanan.

Di tengah pandemi COVID-19 ini katanya, puskesmas sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan, juga diharapkan mampu membangun optimisme dalam mencapai derajat kesehatan masyarakat.

Puskesmas dituntut terus memberikan sosialisasi terkait pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan agar masyarakat tidak lengah menerapkan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020