Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 113 yang merupakan kapal tol laut dari Kementerian Perhubungan RI, segera beroperasi pada awal Desember 2020.

KM. Sabuk Nusantara 113 melayani rute pulang pergi dari Tilamuta (Kabupaten Bolameo) hingga Makassar.

Kapal tersebut memiliki rute dari Tilamuta (Gorontalo) – Boalemo (Sulteng) – Banggai (Sulteng) – Kolonedale (Sulteng) – Makassar (Sulsel).

Sedangkan saat balik rutenya masih sama, namun sebelum bersandar di Tilamuta mampir di Pelabuhan Bumbulan Kabupaten Pohuwato.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Rabu, mengatakan beroperasinya tol laut KM Sabuk Nusantara 113 sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat kepada warga di Sulawesi, khususnya warga Gorontalo.

Tol laut menjadi penghubung orang dan barang, yang menjadi salah satu program Presiden Jokowi.

"Dulu beliau sampaikan akan buat tol laut. Ada yang berpikir bikin tol di laut, tapi sesungguhnya inilah tol laut. Jadi terima kasih buat Bapak Presiden Jokowi dan pemerintah pusat. Transportasi darat, laut dan udara disediakan agar perpindahan barang dan orang cepat dan murah," jelasnya.

Rusli berharap fasilitas publik itu dirawat dan dijaga dengan baik.

Kapal memiliki fasilitas full AC dengan 285 penumpang, yang terdiri dari 125 tempat tidur dan 160 kursi.

Kapal juga memiliki kapasitas angkut barang sebesar 400 ton.

"Pesan saya dijaga baik baik kapal ini. Kalau memang enggak bisa merokok, penumpangnya silahkan ditegur. Barang ini cukup mahal makanya perawatannya harus baik," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Jamal Nganro menjelaskan, kehadiran KM. Sabuk Nusantara 113 melengkapi fasilitas transportasi laut dari dan ke Gorontalo.

Sebelumnya Gorontalo juga sudah disinggahi tol laut penumpang dan kapal ternak ke Tarakan, Kalimantan Utara.

"Nanti akan ada juga tol laut dari Kota Gorontalo ke Bunta di Banggai Sulawesi Tengah. Tahun depan jika disetujui Menteri, akan dibuka juga rute Gorontalo-Ternate," jelasnya.

Tiket KM. Sabuk Nusantara 113 bisa dipesan secara daring di www.nusabook.com.

Tarif dari Tilamuta ke Boalemo (Sulteng) hanya Rp9.500, Tilamuta – Banggai Rp18.100 , Tilamuta – Kolonedale Rp32.600, serta Tilamuta – Makassar Rp66.400.

Tarif tiket tersebut tidak termasuk biaya makan selama perjalanan.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020