Sebanyak 351 orang pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, resmi didaftarkan oleh Bawaslu setempat dalam kepesertaan perlindungan program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo, Hendra Elvian di Gorontalo, Sabtu, memberikan apresiasinya kepada Bawaslu Bone Bolango yang telah memberikan perlindungan jaminan sosial kepada para pengawas TPS lewat BPJS Ketenagakerjaan.

Hendra mengatakan program BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada peserta dalam melakukan aktivitasnya, yakni sebagai petugas Pengawas TPS.

"Apabila terjadi insiden kecelakaan kerja maupun risiko kematian, maka bapak dan ibu akan mendapatkan jaminan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Oleh karena itu, menurutnya, pengawa TPS di daerah itu patut bersyukur karena tidak semua Bawaslu di kabupaten/kota yang peduli terhadap jajaran pengawasnya.

"Mungkin salah satunya yang peduli kepada tenaga penyelenggaranya hanya Bawaslu Kabupaten Bone Bolango," ungkap Hendra Elvian.

Dengan ikut program BPJS Ketenagakerjaan, tambah Hendra, maka pengawas TPS di Bone Bolango dipastikan akan mendapatkan jaminan perlindungan apabila terjadi dua hal, yakni kecelakaan kerja dan kematian.

"Perlindungannya mulai dari berangkat ke tempat kerja, di tempat kerja, dan pulang dari tempat kerja," bebernya.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak mudah-mudahan ini bermanfaat. Intinya kita dari BPJS Ketenagakerjaan berharap tidak ada yang mengalami kecelakaan maupun musibah. Tetapi minimal sudah mengantisipasi kalau ada hal-hal yang terjadi ke depan," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020