Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota Gorontalo akan memasang kamera pengintai (CCTV) di sejumlah tempat yang selama ini dikategorikan rawan gangguan keamanan dan kecelakan lalulintas.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Kamis, di Gorontalo, mengatakan pemasangan kamera CCTV untuk merekam tindak kriminalitas yang rawan terjadi di sejumlah titik.

Selain itu, pemasangan CCTV tersebut bertujuan untuk merekam kecelakaan lalulintas, apalagi sudah sering kali terjadi tabrak lari di tempat-tempat tertentu.

"Saat ini petugas sedang melaksanakan pemasangan kamera tersebut, terutama di tempat yang rawan kecelakaan dan tindak criminal," Kata Marten.

Ia mengharapkan, agar fasilitas kamera CCTV yang sudah dan akan di pasang tersebut, untuk senantiasa dijaga, jangan sampai ada oknum yang merusak karena jika itu terjadi masyarakat yang akan dirugikan.

Sejumlah warga Kota Gorontalo mengatakan, sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah daerah untuk memasang kamera CCTV di wilayah yang dianggap rawan, baik untuk kecelakan maupun tindakan kriminal.

Thomas, salah seorang tokoh masyarakat di Kota Gorontalo mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir ini sudah beberapa kali terjadi pembunuhan. Bahkan pekan lalu terjadi pembunahan yang menewaskan dua orang di dua lokasi.

Dengan dipasangnya kamera tersebut, maka orang yang ingin berbuat jahat akan berpikir karena pasti akan terekam, sehingga petugas bisa langsung mengetahui identitasnya, kata Thomas.

Menurut dia, masyarakat juga harus selalu menjaga agar situasi Kota Gorontalo untuk tetap aman dan kondusif. Meskipun telah dipasang peralatan canggih, kalau belum ada kesadaran warga untuk tidak berbuat tindakan kriminal, tentu tetap sia-sia, ujarnya.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015