Pasangan calon nomor urut 04 Saipul Mbuinga-Suharsi Igirisa memenangi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang digelar KPU setempat.

"Kami resmi menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada 2020 di daerah ini di tingkat kabupaten dan telah menyerahkan salinannya kepada para saksi pasangan calon," kata Ketua KPU Kabupaten Pohuwato Rinto W. Ali di Gorontalo, Sabtu.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkada 2020 tingkat kabupaten, yaitu pasanganSaipul A. Mbuinga-Suharsi Igirisa meraih 37.190 suara mengungguli tiga paslon lainnya.

Paslon nomor urut 01 Hamdi Alamri-Zairin T.D. Maksud meraih 10.484 suara, paslon nomor urut 02 Ibrahim Bouti-Miswar Yunus 15.605 suara, paslon nomor urut 03 Iwan Sjafruddin Adam-Zunaidi Z.Hasan 27.200 suara.

Total suara sah pada Pilkada Pohuwato mencapai 90.479 suara, sementara jumlah suara tidak sah 905 suara.

"Total suara sah dan tidak sah mencapai 91.384 suara," katanya menjelaskan.

Selanjutnya, kata Rinto, pihaknya akan mengatur jadwal pelaksanaan rapat pleno terkait dengan keputusan tersebut.

Ia mengatakan bahwa rangkaian pelaksanaan rekapitulasi suara di seluruh tingkatan telah berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

Namun, dari hasil tersebut, tidak menutup kemungkinan adanya paslon yang belum menerima hasil penepatan rekapitulasi suara sebab hal itu menjadi hak mereka.

"Itu hak setiap pasangan calon jika ada yang keberatan terhadap hasil rekapitulasi tersebut. Undang-undang telah mengalokasikannya, yaitu disediakan ruang sesuai dengan jalurnya setelah penetapan hasil rekapitulasi suara dilakukan," katanya. ***2***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020