Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Thariq Modanggu, Selasa (22/12) 2020 menemui warga yang terdampak banjir di Kecamatan Biau.

"Kepedihan warga tentu saja tidak akan pupus dalam sekejap meski kita menyalurkan bantuan karena itu kita doakan agar mereka tetap tabah dan kuat," katanya dalam kunjungannya di Kecamatan Biau, Selasa.

Wabup meninjau lima desa yang terdampak banjir pada Senin (21/12) sore.

Ia mengatakan, sebanyak 516 kepala keluarga (KK) terdampak banjir tersebar di Desa Didingga, Biau, Bualo, Omuto dan Luhuto di Kecamatan Biau.

Berdasarkan laporan yang diterima, tercatat tiga dapur dan dua unit rumah warga hanyut terseret banjir.

Banjir dengan ketinggian tertinggi di Dusun Tenilo Desa Biau mencapai 1,5 meter juga merusak sejumlah fasilitas saluran air serta tanaman milik warga.

Total kerugiannya, kata dia, masih ditaksir karena pendataan masih terus dilakukan.

Ia mengatakan langsung memerintahkan Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan pendataan dan segera menyusun langkah strategis mengatasi banjir.

"Tadi pagi, kondisi ini telah saya laporkan ke Bupati Indra Yasin untuk selanjutnya melakukan langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukan seperti membangun dapur umum," demikian Thariq Modanggu

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020