Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 10.383 Kepala Keluarga (KK) rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) di Gorontalo Utara tercatat sebagai penerima beras miskin (Raskin) secara gratis pada 2015.

Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin di Gorontalo, Jumat, mengatakan untuk tahun 2015 pemerintah daerah mengalokasikan dana sebesar Rp2,9 miliar untuk program Raskin gratis bagi warga yang kurang mampu.

Indra menjelaskan program Raskin mulai diperlakukan pada tahun 2014 lalu dan dilanjutkan kembali tahun 2015 ini.

Untuk tahun 2015, pemerintah kabupaten Gorut telah mengalokasikan dana sebesar Rp2,9 miliar untuk memenuhi kebutuhan Raskin sebanyak 1.868.940 kilogram.

Dia mengatakan, setiap bulan Pemerintah Kabupaten Gorut, melakukan pembayaran raskin kepihak Bulog sebesar Rp249,2 juta dengan jatah yang diperoleh sebanyak 155.745 kilo gram.

Indra mengatakan, untuk program Raskin gratis ini, pihaknya telah meminta kepada camat dan kepala desa, untuk selalu melaksanakan sosialisasi terutama dengan masyarakat yang tidak mampu dan layak untuk menerima.

"Masyarakat perlu untuk mengawal distribusi Raskin, begitu juga petugas yang menyalurkan agar tidak menyelewengkan hak warga miskin tersebut," kata Indra.

Sampai saat ini penyaluran Raskin di daerah itu belum menemui hambatan sehingga Bupati berharap prestasi itu harus dipertahankan maupun dijaga dengan baik untuk dapat membantu warga yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Kami harapkan warga yang berhak menerima Raskin gratis untuk melaporkan kepada petugas, ataupun langsung pada Bupati dan Wakil Bupati, jika ada penyelewengan yang dilakukan petugas di tingkat desa," kata Indra.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015