Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Festival Malam Pasang Lampu atau Tumbilotohe dan Festival Beduk untuk menyemarakkan Bulan Ramadhan.

Kegiatan tersebut akan dipuasatkan di sejumlah titik yakni di Kecamatan Isimu, Telaga, dan Batudaa untuk Kabupaten Gorontalo, kata Rusli Habibie di Gorontalo, Senin.

Kemudian di Kecamatan Tapa untuk Kabupaten Bone Bolango dan untuk Kota Gorontalo dipusatkan di Simpang Lima dan Jembatan Tolumolo.

Untuk mendukung suksesnya acara tersebut, Gubernur meminta warga untuk berlomba-lomba memasang lampu dengan desain terbaik dan sesuai tema.

Perayaan Tumbilatohe kali ini, kata dia, akan mengangkat tema Sukseskan Sail Tomini dan Festival Boalemo.

Ia meminta setiap lampu botol yang dipasang dapat menampilkan konfigurasi yang menarik untuk mensukseskan kegiatan nasional yang puncak penyelenggaraannya pada September 2015 mendatang.

"Kami memanfaatkan tradisi tumbilotohe ini untuk mengawal Sail Tomini agar wisatawan ke Gorontalo tidak hanya pada September. Tradisi ini akan menambah referensi bagi wisatawan tentang kearifan daerah kita," jelasnya.

Sail Tomini sendiri dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah, sedangkan Festival Boalemo dipusatkan di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo.

"Pemprov juga akan menggelar Festival Beduk yang akan mengundang peserta umum dan dari kalangan pelajar. Festival ini akan digelar serentak dengan perayaan Tumbilotohe," tambahnya.

Tumbilotohe berasal dari bahasa Gorontalo, yaitu tumbilo berarti pasang, dan tohe berarti lampu. Tumbilotohe diartikan sebagai acara pasang lampu

Tradisi ini sudah berlangsung sejak abad XV dan dilaksanakan setiap tiga malam terakhir menjelang hari Raya Idul Fitri, yaitu 27 hingga 30 Ramadhan.

Awalnya pelaksanaan Tumbilotohe dimaksudkan untuk memudahkan warga yang ingin memberikan zakat fitrah di malam hari dengan penerangan.

Selain itu tradisi ini juga dilakukan sebagai peringatan bahwa saat menyambut Idul Fitri maka hati dan jiwa harus bersih serta terang benderang seperti makna pemasangan lampu tersebut.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015