Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo membahas kerja sama pengembangan Sumber Manusia (SDM) bersama Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGo).

"Alhamdulillah, saya kedatangan tamu dari UMGo dan membahas terkait peluang-peluang kerja sama. Tentu saya menyambut hangat niat baik pihak UMGo dan bersedia untuk kolaborasikan potensi SDM yang perlu dikembangkan di daerah,"ujar Bupati Bone Bolango Hamim Pou, di Gorontalo, Kamis.

Hamim menuturkan, banyak hal yang perlu adanya kolaborasi yang dibutuhkan di Bone Bolango dengan ketersediaan jurusan maupun program studi di UMGo.

Di Kabupaten Bone Bolango sendiri menurutnya, untuk saat ini terdapat beberapa SDM yang mumpuni seperti di bidang peternakan, perikanan sekaligus pengembangan keduanya. Namun dalam masa perkembangan masih banyak keterbatasan yang dimiliki, seperti luas area pertanian.

Olehnya, Hamim berharap UMGo dapat membantu pemkab setempat untuk mencarikan solusinya, termasuk di bidang lainnya. Begitu juga untuk sektor pariwisata, Bone Bolango membutuhkan pengelolaan yang baik dan itu berkaitan dengan teknik marketing guna menarik wisatawan. 

"Untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Bone Bolango, tentu kita perlu keahlian yang khusus di bidang kepariwisataan," ungkapnya.

Ia pun tertarik untuk menambahkan kerja sama di bidang kesehatan.

"Saya tertarik dengan adanya S1 Kebidanan di UMGo yang satu-satunya ada di Gorontalo dan potensi inilah yang kita sangat butuhkan," kata dia, lagi.

"Untuk tenaga-tenaga honorer atau aparat desa yang belum sarjana, kita akan dorong agar mereka dapat melanjutkan studi agar kedepannya SDM yang ada benar-benar terkualifikasi," pungkas Hamim.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021