Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo mendorong pengembangan sektor pertanian dengan menggunakan pupuk organik dan budidaya hidroponik.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Selasa, mengatakan saat ini sudah terdapat beberapa pertanian sayuran organik hidroponik di daerah itu.

"Dalam dua hari terakhir ini saya sudah meresmikan beberapa kawasan hidroponik dengan permintaan pasar yang luar biasa banyak," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa permintaan pasar lokal dan luar daerah sangat banyak sehingga pertanian ini harus terus dikembangkan.

"Contohnya permintaan seledri dari salah satu perusahaan di Gorontalo, oleh karena itu kita terus mendorong pertanian organik ini," kata dia, lagi.

Ia menambahkan bahwa sayuran organik sehat dan ia pun mendorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan organik yang tidak menggunakan bahan kimia.

Pemkab Bone Bolango, kata Bupati, sangat konsisten dengan pengembangan padi organik tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.

"Kami sudah melakukan ini beberapa tahun sebelumnya, dan petani sangat meresponnya," bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian setempat, Roswaty Agus meminta semua pemangku kepentingan, baik dari jajaran penyuluh pertanian, mitra pupuk organik hingga petani, bekerja sama melakukan terobosan dengan tanaman padi organik, karena daerah lain sudah banyak yang sukses dengan program tersebut.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021