Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meminta agar 15 kabupaten dan kota mendukung program Langit Biru dari PT Pertamina.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pertamina dan memberikan dukungan atas penyelenggaraan program Langit Biru di Provinsi Sulawesi Utara sebagai bentuk upaya pengendalian pencemaran udara," kata Olly, di Manado, Rabu.

Program langit biru merupakan program yang bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor.

Olly menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berharap agar program Langit Biru ini dapat dinikmati seluruh masyarakat Provinsi Sulawesi Utara, khususnya bagi pengguna kendaraan roda dua dan angkutan umum, dalam rangka mengurangi polusi udara serta pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Selain itu, Pemerintah Sulawesi Utara pun mengimbau kepada seluruh Pimpinan Daerah di Provinsi Sulawesi Utara untuk turut serta mendukung Program Langit Biru di wilayahnya sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Sejalan atas dukungan dari Gubernur Sulawesi Utara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Utara Marly E Gumalag mendukung penuh Pertamina dalam melaksanakan program Langit Biru.

“Kami mengapresiasi upaya Pertamina memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam penggunaan bahan bakar minyak yang berkualitas dan ramah lingkungan. Sehingga diharapkan kualitas udara yang lebih baik dapat kita jaga bersama,” ujarnya.

Kualitas udara secara umum di Sulawesi Utara masih tergolong baik, namun masyarakat Sulawesi Utara harus bersama-sama mewujudkan dan mempertahankan kualitas udara ini untuk terus baik dan menjadi sangat baik.

“Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya mengendalikan pencemaran udara serta mendorong dan mengajak masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak yang berkualitas serta ramah lingkungan,” tambahnya.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021