Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meminta promosi wisata daerah tersebut harus lebih gencar.

Rusli mengaku pihaknya bersama pemda kabupaten dan kota telah menemui Menteri Pariwisata Sandiaga Uno pada Kamis malam (18/2).

Ia bersama para kepala daerah memaparkan potensi wisata masing-masing, sekaligus kendala dan tantangan yang dihadapi.

“Kami perlu mendapatkan arahan dari Menteri. Beliau akan mendorong promosinya digencarkan. Bahkan Menteri mengimbau harus ditingkatkan dan diserahkan ke swasta,” katanya.
 
Menteri juga mengakui pariwisata Gorontalo memiliki daya tarik untuk dikembangkan. 
 
Selain melihat paparan para bupati dan wali kota, Sandiaga pernah berkunjung ke destinasi wisata Gorontalo mulai dari Kabupaten Pohuwato hingga Bone Pesisir di Kabupaten Bone Bolango.

“Saat ini Kemenparekraf sedang mendorong desa wisata dengan model pengembangan public people partnership. Jadi ada kemitraan khususnya dengan warga sekitar. Beliau juga berpesan pengembangan pariwisata harus komprehensif dari hulu ke hilir dan harus jauh dari budaya tutuhiya (saling mencungkil),” jelasnya.

Menurutnya para deputi juga mendukung dan membantu pengembangan pariwisata Gorontalo.

"Bahkan menteri bahkan berjanji akan berkunjung ke Gorontalo dalam waktu dekat," imbuhnya.

Ia berharap, Sandiaga Uno yang juga merupakan putra daerah Gorontalo itu bisa memberi banyak masukan setelah kunjungannya tersebut.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021