Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta kepada tiga kepala daerah terpilih di daerah itu untuk tidak melakukan perayaan yang menyebabkan keramaian usai pelantikan.

Pelantikan tiga kepala daerah di Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo rencananya akan digelar Jumat 26 Februari 2021.

“Saya harap jangan ada arak-arakan. Baik nanti menuju rumah dinas gubernur maupun setelah pelantikan dan balik lagi ke rumah dinas masing-masing. Kita kan sudah diijinkan pelantikan luring oleh pak Mendagri. Protokol kesehatan diterapkan bukan hanya saat pelantikan, tapi juga usai pelantikan tetap dijaga ketat,” katanya, Selasa.

Selebrasi kepala daerah yang menang pilkada bersama para pendukungnya, menurut gubernur, sudah tidak relevan lagi di masa pandemi COVID-19.

Para pendukung diminta tidak datang memadati rumah jabatan gubernur maupun rumah jabatan bupati/wakil bupati.

Prosesi pelantikan bisa disaksikan secara langsung di akun media sosial Pemprov Gorontalo maupun Radio Suara RH.

“Situasi dulu dan sekarang berbeda, sekarang masih pandemi. Di rumah bupati jangan ada kerumunan massa. Untuk waktu pelaksanaan pelantikan, kami usahakan singkat tapi tetap sesuai prosedur sebagaimana proses pelantikan pada umumnya," tambahnya.

Mendagrri mengizinkan pelantikan tiga kepala daerah di Gorontalo secara luring atau tatap muka langsung.

Pada pelaksanaan nanti, tamu undangan yang hadir di rumah dinas gubernur dibatasi hanya 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021