Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo menyebut objek wisata Sungai Toino yang juga menjadi 'Wisata Tangguh' di Desa Talulobutu, Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo merupakan pencapaian luar biasa.

"Bagi saya ini satu pencapaian yang luar biasa karena desa di Kecamatan Tapa, karena masyarakat membutuhkan sarana rekreasi yang dapat dijangkau dengan mudah dan cepat," ujarnya usai meresmikan wisata tersebut  bersama Bupati Hamim Pou, Kamis malam.

Yusharto berharap jika wisatawan yang datang ke destinasi wisata tersebut senang dan memikirkan hal baru yang inovatif dan kreatif karena nuansa dan suasana disana.

Wisata Sungai Toino menawarkan pemandangan sungai yang bersih, dimana di setiap sisi sungai dipasangi lampu, gazebo serta permainan bola air. Objek wisata itu pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Selanjutnya kebersihan sungai disini sangat mendukung program Pemerintah dalam konservasi lingkungan dan menjaga sumber daya air yang sangat dibutuhkan," ucapnya.

Ia menjelaskan jika aliran sungai Bulango dibutuhkan untuk pertanian dan juga air minum masyarakat di Kabupaten Bone Bolango dan Gorontalo.

"Dengan adanya wisata air ini banyak usaha produktif yang dapat menggairahkan ekonomi dalam berbagai program, disamping menekan penyebaran COVID-19, juga menstimulus kegiatan kreatif dan menghidupkan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Yusranto berharap selama masa COVID-19, masyarakat tetap memperoleh penghasilan, tidak semata-mata menerima tekanan karena berbagai pembatasan.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021