Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh mengatakan, anak adalah aset negara yang kelahirannya perlu direncanakan dan masa pertumbuhannya perlu dijamin dengan gizi terpenuhi.

"Makanya sangat penting bagi setiap pasangan untuk menerapkan program keluarga berencana. Sebab anak bukan hanya milik orang tua atau keluarganya, namun menjadi milik negara, aset negara yang kelak membangun bangsa ini," katanya di Gorontalo Utara, Senin.

Nihayatul hadir pada kegiatan sosialisasi, advokasi dan KIE program Bangga Kencana berlangsung di aula Gerbang Emas kantor bupati setempat, yang juga dihadiri Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat dan Provinsi Gorontalo, serta kader KB di daerah itu.

Ia mengatakan, dalam waktu 20 hingga 30 tahun mendatang, bangsa ini tidak boleh kekurangan generasi berkualitas.

Maka dari itu mulai saat ini setiap keluarga, setiap pasangan sah wajib memahami merencanakan kelahiran sangatlah penting, sebab setiap anak yang dikandung adalah calon pemimpin bangsa, negara dan daerah ini.

Itulah mengapa kata dia, program Keluarga Berencana (KB) sangat penting disosialisasikan sebab setiap kelahiran tidak boleh menjadi beban negara, namun harus berkualitas agar kelak generasi muda dapat menopang generasi tua.

Serta generasi muda akan membangun bangsa ini sesuai cita-cita bangsa.

"Menjadi bangsa yang besar, maju dan makmur," katanya pula.

Ia berharap, para kader KB di daerah itu terus sosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak menikah terlalu muda, sebab mengandung terlalu muda sangat beresiko.

Juga jangan mengandung di usia tua karena sama sangat beresiko, sama halnya terlalu beresiko jika melahirkan terlalu dekat dan terlalu banyak.

"Merencanakan kehamilan melalui program Keluarga Berencana sangat perlu diterapkan," ucapnya.

Ia mengaku sangat mengapresiasi dukungan pemerintah kabupaten Gorontalo Utara dalam menyukseskan program Keluarga Berencana.

Bahkan telah meresmikan kampung KB, untuk mendorong tercapainya program pengendalian penduduk di daerah itu.***
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh berkunjung ke Gorontalo Utara bersama pihak BKKBN dalam kegiatan sosialisasi, advokasi dan KIE program Bangga Kencana berlangsung di aula Gerbang Emas kantor bupati setempat. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021