Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal Sembiring Depari melantik Pengurus PWI Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2021-2026 di Makassar, Sabtu.

Ketua PWI Sulsel periode hingga lima tahun ke depan ini masih dijabat oleh H.M. Agus Salim Alwi Hamu yang memimpin PWI Sulsel sejak 2015.

Agus Salim selaku Direktur Utama PT Media Fajar Koran itu kembali terpilih sebagai Ketua PWI Sulsel hasil Konferensi Cabang (Konfercab) yang digelar di Makassar pada 31 Januari 2021.

Agus Salim merupakan Ketua PWI Sulsel ke-8 dalam sejarah kepengurusan PWI Sulsel yang mulai terbentuk pada tahun 1961.

Momentum pelantikan Pengurus PWI Sulsel itu dihadiri Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi dan kabupaten/kota lainnya.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel hadir secara virtual, dan secara fisik diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan Amson Padolo.

Hadir pula sejumlah bupati/wali kota yakni Bupati Gowa, Maros, Wajo, Bantaeng, Luwu Timur dan Wali Kota Parepare.
Ketua PWI Sulsel H.M. Agus Salim Alwi Hamu berpidato usai pelantikan Pengurus PWI Sulsel periode 2021-2026. (ANTARA/Anwar Maga)

Agus Salim saat menyampaikan sambutan, menekankan pentingnya kebersamaan dalam kepengurusan PWI Sulsel, sebagaimana kebersamaan yang diwujudkan dalam menentukan Ketua PWI Sulsel terpilih secara aklamasi.

"Terima kasih, apresiasi dan penghargaan kepada anggota PWI Sulsel atas kebersamaannya, dan untuk pertama kalinya Ketua PWI Sulsel terpilih secara aklamasi," ujarnya.

Agus juga menyinggung soal hibah lahan untuk Sekretariat PWI Sulsel yang masih terus diperjuangkan ke Pemerintah Provinsi Sulsel dan DPRD setempat.

Ia juga menyebut kompetensi wartawan yang sudah menjadi keharusan bagi insan pers yang juga akan terus digalakkan oleh PWI Sulsel.

"Sejak 3,5 tahun periode pertama saya, sudah ada 480 wartawan kompeten (lulus kompetensi), dan kami akan terus tingkatkan, tahun ini akan digelar lagi UKW (uji kompetensi wartawan) gratis di Pinrang dan Parepare. Juga akan ada rumusan dengan Pemkot Makassar," ujar Agus.

Secara virtual, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan pentingnya terwujud kehidupan pers yang bermartabat dan terus menyampaikan informasi publik.

"Wartawan PWI harus profesional dan kompeten, suguhkan informasi yang benar," ujarnya sembari mengajak insan pers untuk terus memupuk kesadaran, mengabarkan berita baik dan informasi pembangunan hingga ke pelosok negeri, termasuk diantaranya soal penanganan COVID-19," ujarnya.

Sedangkan Ketua PWI Pusat Atal Depari menyampaikan pesan penting terkait tolok ukur kompetensi wartawan yang telah menjadi syarat yang baik dan benar.

"Jika tidak maka matilah pers," ujarnya sembari mengajak wartawan PWI agar selalu menjaga etika dalam bekerja, menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, dan terus mengasah kemampuan menulis berita," ujarnya.
Pada momentum pelantikan pengurus PWI Sulsel itu, juga digelar pemberian penghargaan kepada para pemerhati pers, yang antara lain diberikan kepada Plt Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Pangdam Hasanuddin, Wali Kota Makassar, Wali Kota Pare-pare, Bupati Gowa, Maros, Bantaeng, Luwu Timur dan Bupati Wajo.

Juga digelar pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sulsel, oleh Ketua Umum IKWI periode 2019-2024, Indah Kirana Atal S Depari.

Pewarta: Anwar Maga

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021