Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo meningkatkan kewaspadaan akan potensi terjadinya bencana alam akibat bibit siklon tropis di bagian utara Indonesia timur.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Sabtu, meminta agar semua informasi yang berkaitan dengan perubahan iklim dan cuaca untuk segera dilaporkan.

"Sambil melakukan koordinasi dengan BMKG, pemerintah daerah telah membentuk tim terpadu serta pencegahan prabencana yang di sebabkan oleh perubahan iklim," ucap Nelson,

Nelson pun menegaskan kepada dinas terkait untuk berperan aktif dalam mengatisipasi dini terjadinya cuaca buruk, seperti masalah pohon tumbang, saluran air serta melakukan penanaman pohon dan juga bantuan–bantuan bencana alam.

Nelson berharap kepada BMKG untuk dapat sosialisasikan kemungkinan sampai kapan perubahan iklim, khususnya di Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Stasiun BMKG Gorontalo Jalaluddin Oral Sanggilang menuturkan menghadapi perubahan iklim, pihaknya akan memberikan informasi secepat mungkin kepada pemerintah daerah agar lebih cepat tanggap.

"Setelah menerima informasi dari BMKG agar supaya bergerak cepat langsung terjun di lapangan," katanya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021