Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Meski telah resmi mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib, masih menjalankan tugasnya selaku kepala kaerah.

Kepala Bagian Humas Pemerintahan Kabupaten Gorontalo, Ronal Ismail, Rabu, di Gorontalo, mengatakan jika masa jabatan David baru akan berakhir pada 30 Agustus 2015, jadi saat ini masih berkantor.

Sedangkan sesuai surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa petahana diberi kesempatan selama 60 hari untuk melaksanakan tugasnya selaku kepala daerah sejak penetapan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Untuk Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara, pihak KPU setempat menjadwalkan penetapan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur pada 24 Agustus mendatang.

"Sehingga masih ada kesempatan 60 hari untuk Bupati Gorontalo melaksanakan atau merampungkan tugas-tugas pemerintahan yang diemban, namun masa jabatan beliau memang berakhir pada 30 Agustus maka secara otomatis tidak lagi mencapai waktu tersebut," ujar Ronal.

Saat ini kata ia, jalannya pemerintahan daerah berlangsung normal, pelayanan pemerintahan berlaku seperti biasa termasuk program-program yang dijalankan tetap berjalan baik.

Pemerintah daerah memastikan jika jadwal pelantikan penjabat bupati tidak akan berubah, yaitu tepat bersamaan dengan berakhirnya masa pemerintahan daerah yang dipimpin Bupati David Bobihoe Akib dan Wakil Bupati Tonny Junus periode 2010-2015.

David Bobihoe Akib dipastikan menjadi calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara berpasangan dengan calon Gubernur Elly Lasut, setelah keduanya resmi mendaftar di KPU setempat.

Sedangkan Wakil Bupati Tonny Junus telah mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Kabupaten Gorontalo berpasangan dengan calon Wakil Bupati Sofyan Puhi.

Ronal menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan siapa penjabat Bupati yang akan menjalankan tugas-tugas pemerintahan daerah selama terjadi kekosongan.

"Kami masih menunggu informasi resmi dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, namun berbagai persiapan pelaksanaan pelantikan penjabat Bupati terus dioptimalkan," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015