Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sepakati pembiayaan tes kesehatan setiap pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) di tiga kabupaten se Provinsi Gorontalo sebesar Rp50 juta.


Adapun tiga kabupaten se Provinsi Gorontalo yang akan menggelar pilkada serentak 9 Desember 2015, yakni Kabupaten Gorontalo, Pohuwato dan Bone Bolango.


Ketua KPU Kabupaten Pohuwato Mirnawati Modanggu, Kamis, mengatakan, pihak KPU sudah menandatangani MoU dengan IDI kabupaten setempat dengan menyiapkan biaya tes kesehatan setiap pasangan cabup/cawabup sebesar Rp50 Juta.


"Karena di Pohuwato ada tiga pasangan calon, jadi total biaya yang telah disediakan sebesar Rp150juta," kata Mirnawati.


Dia menambahkan, untuk pemeriksaan kesehatan sendiri akan dilaksanakan di Rumah Sakit MM.Dunda di Kabupaten Gorontalo, dan dimulai 31 Juli 2015.


Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Hendrik Imran menjelaskan, bahwa untuk satu pasangan calon bupati, telah disiapkan anggaran sebesar Rp50 juta.


"Untuk tempat telah disepakati di Rumah sakit MM.Dunda, pada 31 Juli-1 Agustus 2015," ungkap Hendrik.


Hal sama juga disampaikan anggota KPU Kabupaten Bone Bolango Idris Usuli, di mana KPU setempat telah menganggarkan total biaya pemeriksaan kesehatan sebesar Rp300 Juta, untuk Enam orang pasangan calon.


"Pihak dokter sudah mulai melakukan pemeriksaan satu item Rabu (29/7)," kata Idris.


Mengingat di Kabupaten Bone Bolango belum ada rumah sakit yang memiliki standar atau fasilitas pemeriksaan kesehatan memadai untuk cabup/cawabup, kemudian pihak IDI setempat merekomendasikan untuk melakukan MoU dengan IDI Kota Gorontalo,


"Sebab pemeriksaanya pun akan dilaksanakan di Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo," katanya.


Anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa mengatakan, memang ada perbedaan biaya standar pemeriksaan, pihaknya mencontohkan di Jogyakarta biaya pemeriksaan calon berkisar antara Rp2,5 juta sampai Rp5 Juta.


"Bahkan untuk provinsi Jambi biaya pemeriksaan kesehatan setiap pasangan calon dengan standar IDI hanya Rp9 juta," ujar Verrianto.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015