Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemilihan Duta Bahasa tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2015, akan segera digelar pada 8 Agustus 2015, untuk mencari generasi muda yang mampu menuturkan bahasa Indonesia dengan baik.

Salah satu panitia pelaksana Rahman Imran, Jumat mengatakan, pemilihan tersebut akan diawali dengan karantina peserta 5-8 Agustus 2015 di Gedung LPMP Gorontalo.

Sementara untuk malam puncak pemilihan di Gedung "Belle Li Mbui" Kota Gorontalo pada 8 Agustus 2015, guna dipilih satu orang putra dan satu orang putri sebagai pemenang dengan total hadiah jutaan rupiah.

Menurutnya, pemilihan duta bahasa tingkat Provinsi Gorontalo tahun ini direncanakan akan berbeda dari penyelenggaran pada tahun-tahun sebelumnya.

Pemilihan duta bahasa ini bertujuan agar generasi muda mampu menuturkan Bahasa Indonesia dalam situasi formal atau informal di mana saja mereka berada.

Duta bahasa pun dituntut untuk mampu menjadi penggerak dalam melestarikan bahasa daerah, yaitu bahasa Gorontalo.

Kegiatan duta bahasa ini dikhususkan bagi generasi muda Gorontalo yang berumur 18 hingga 25 tahun, belum menikah, mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, menguasai bahasa daerah dan berperilaku baik.

"Kegiatan sudah diawali dengan seleksi berkas, prakarantina karantina dan tentunya malam puncak nanti," ungkap Rahman.

Kemudian sistem penilaian yang lebih ketat, sistematika penjurian pun lebih menitiberatkan pada kemampuan personal masing-masing peserta.

Panitia sengaja menunjuk juri-juri profesional dari berbagai bidang diantaranya, akademisi, praktisi, budayawan dan unsur terkait lainnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015