Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sejumlah warga mendukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango yang berupaya mewujudkan pemanfaatan pangan lokal sebagai bahan makanan utama selain beras.

"Langkah pemkab sangat diapresiasi untuk mewujudkan pemanfaatan pangan lokal, supaya hasil tanaman kita juga bisa lancar di pasaran," kata Jusuf, salah satu warga Bone Bolango, Sabtu.

Menurutnya, tanaman seperti jagung, umbi-umbian hingga sayur-mayur menjadi usaha utama pria dua anak ini, dalam bertani.

Hampir setiap minggu kami selalu pasok ke pasar tradisional terdekat, untuk dijual demi memenuhi kebutuhan keluarga.

"Kalau sudah banyak warga beralih ke tanaman pangan lokal selain beras, tentunya menguntungkan usaha kami," tambahnya.

Sementara warga lainnya, Asni, mengaku imbauan pemkab soal pemanfaatan pangan lokal sudah dilakukan sejak dulu.

"Kami sudah sejak dulu banyak mengonsumsi tanaman lokal seperti umbi-umbian dan jagung. Selain murah juga memiliki kadar protein yang tinggi juga," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Ishak Ntoma, mengatakan, daerah tersebut siap mewujudkan pemanfaatan pangan lokal sebagai pengganti beras.

"Salah satu upaya pemerintah daerah mewujudkan masyarakat yang sehat yakni melalui pemanfaatan pangan seperti jagung, umbian-umbian, ikan segar dan sebagainya," kata sekda.

Menurutnya, dengan memanfaatkan sumber daya lokal sebagai bahan pangan, tentunya ini menjadi salah satu upaya dalam mengurangi konsumsi beras secara nasional.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015