Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta panitia lokal bersama jajaran pemerintah daerah setempat, untuk membenahi akomodasi peserta "Sail Tomini" dan "Festival Boalemo".

"Tolong dimaksimalkan semua hotel dan penginapan yang ada baik di Kota Gorontalo maupun Kabupaten Boalemo sebagai pusat acara. Siapa nginap di mana harus sudah kita data, jangan sampai begitu hari H akan bermasalah," tukasnya, saat rapat koordinasi Sail Tomini dan Festival Boalemo di Gorontalo, Senin.

Menurutnya kesiapan akomodasi peserta selama dua kegiatan tersebut adalah hal yang paling penting, karena tamu-tamu yang hadir berasal dari luar daerah dan negara lain.

Selain hotel dan penginapan, panitia juga akan menggunakan rumah-rumah penduduk di sekitar lokasi acara untuk menampung tamu-tamu lokal dan luar daerah.

Gubernur menilai komunikasi antara panitia dengan pemilik rumah termasuk aparat kecamatan dan desa perlu dilakukan secara intensif.

"Dicek lagi bagaimana kesiapan `homestay`, bagaimana dengan toiletnya, air bersih dan lain-lain. Bangun komunikasi dengan aparat desa yang lebih paham kondisi di lokasi acara," imbuhnya.

Sail Tomini dilaksanakan oleh dua daerah yakni Provinsi Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Sail Tomini dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sementara untuk puncak kegiatan Festival Boalemo dipusatkan di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo pada 10 September 2015 nanti.

Festival Boalemo akan diisi dengan beragam kegiatan di antaranya "Diplomatic Tour" bagi para tamu dan duta besar negara sahabat tanggal 8 September 2015.

Acara tersebut akan diisi dengan demo 500 perajin Karawo (kain khas Gorontalo), pemaparan potensi investasi daerah, serta atraksi adat prosesi perkawinan adat Gorontalo.

Selain itu ada juga seminar internasional, Festival Karawo, bakti sosial dan pelayanan kesehatan acara pendukung lainnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015