Desa Tamboo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo berhasil masuk tujuh besar nominator Lomba Desa Pangan Aman tingkat Nasional yang mewakili Provinsi Gorontalo. 

Tamboo menyingkirkan 27 desa lain yang merupakan perwakilan dari seluruh provinsi se-Indonesia, dimana Lomba Desa Pangan Aman tersebut merupakan program Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengapresiasi desa yang telah menerapkan keamanan pangan secara mandiri.

Sebelumnya, tim penilai dari Badan POM dan Kementerian Dalam Negeri telah melakukan verifikasi untuk melihat langsung kondisi di lapangan terkait penerapan keamanan pangan di Desa Tamboo. 

Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli di Gorontalo, Senin mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat mengapresiasi dan mendukung program Desa Pangan Aman yang diinisiasi oleh Badan POM.

Karena menurut Wakil Bupati, program tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat khususnya dalam penjaminan penyediaan pangan yang aman dan bermutu.

"Program Desa Pangan Aman sinergi dengan program unggulan kami, yaitu percepatan pembangunan desa sebagai basis pertumbuhan. Alhamdulillah, Desa Tamboo telah melaksanakan Program Desa Pangan Aman dengan baik dan sesuai harapan, bahkan berhasil lolos tujuh besar tingkat nasional," ucapnya. 

Menurutnya, apa yang telah dicapai oleh Desa Tamboo tersebut merupakan prestasi yang membanggakan karena untuk menembus tujuh besar tingkat nasional bukan perkara yang mudah.

Merlan menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berkomitmen untuk mereplikasi Program Desa Pangan Aman karena melihat manfaat yang telah diberikan kepada masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021