Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango mengatakan, pasangan calon perseorangan Ruwaida Mile-Benjamin Hadju akhirnya memenuhi perbaikan berkas dengan memasukan kekurangan dukungan KTP pada batas akhir Jumat (7/8).

"Setelah kami cek, pasangan calon perseorangan ini memasukan kekurangan dari dukungan sebelumnya sebanyak 13.127 KTP," jelas Ketua KPU Bone Bolango, Darwis Hasan, Sabtu.

Sebelumnya pasangan Mile-Hadju dari hasil verifikasi faktual penyerahan syarat dukungan pencalonan sebelumnya, masih terdapat kekurangan 5.819 KTP, dan harus memasukan dua kali lipat dari kekurangan jumlah dukungan.

Namun demikian, lanjutnya, syarat dukungan perbaikan berkas ini masih akan dilakukan verifikasi faktual di tingkat desa/kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga tanggal 16 Agustus.

"Kemudian rekapitulasi dilakukan secara berjenjang hingga tingkat kabupaten," tambahnya.

Mile-Hadju menyerahkan berkas perbaikan syarat pencalonan pada Jumat malam sekitar pukul 21.45 atau menjelang batas akhir perbaikan berkas.

"Mengingat masa perbaikan tanggal 4-7 Agustus, jadi kami menunggu sampai bergantinya hari atau tanggal untuk para calon tersebut," kata Darwis Hasan.

Selain pasangan Mile-Hadju, pasangan lain yang turut melengkapinya, yakni Syamsir Djafar Kiayi-Husain Lamanasa dari calon perseorangan, serta tiga dari parpol Hamim Pou-Kilat Wartabone, Indrawanto Hasan-Ahmad Tahidji, Azan Piola-Syamsu Botutihe dan Kris Wartabone-Tahir Badu.

Syamsir Kiyai-Husain Lamanasa dengan dukungan KTP sudah memenuhi syarat, dari hasil verifikasi faktual pada bulan Juli terdapat 15.982 dukungan, di mana syarat minimal yang ditentukan KPU hanya 15.763 KTP.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015