Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan membuka akses jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Suwawa Selatan dan Kecamatan Kabila Bone, yakni Bulontala-Botutonuo pada tahun 2022 nanti.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou usai meninjau lokasi di Desa Bulontala, Senin, mengatakan sudah bertemu dengan pihak Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk pembukaan akses tersebut.

"Kami sudah menemui Bappenas pekan yang lalu dan ini sudah dimasukkan. Bappenas sudah memasukkan pembukaan akses jalan Bulontala-Botutonuo itu di tahun 2022 mendatang," ungkapnya.

Hamim menjelaskan jika hal tersebut harus diwujudkan bersama, karena sudah lama kita perjuangkan.

"Sudah lebih dari empat tahun kita berjuang, bagaimana bisa terbuka akses jalan yang bisa mengintegrasikan Bone Pesisir dengan Suwawa sebagai ibu kota kabupaten. Insya Allah ini tahun depan sudah bisa di buka jalannya," ucap Hamim.

Ia pun berharap masyarakat mendukung program tersebut, karena akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, bisa mendekatkan dan memudahkan pengangkutan produk-produk perkebunan, pertanian, dan tanaman musiman bisa lebih mudah dibawa ke pasar, karena sudah ada jalan tersebut.

"Saya berharap juga tidak ada spekulan makelar tanah dan sebagainya yang justru mempersulit pembukaan akses jalan Bulontala-Botutonuo ini. Kalau perlu masyarakat yang merasa memiliki tanah disitu bisa menyumbangkan dan berkontribusi memberikan tanahnya sebagai lokasi pembangunan atau pembukaan jalan tersebut," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021