Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo telah menganggarkan Rp1,8 miliar untuk pengadaan 15 unit kapal fiber untuk membantu para nelayan di daerah itu.

"Sesuai rencana 15 unit kapal berukuran 3,5 gross ton (GT) ini, akan diserahkan kepada para kelompok nelayan yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Gorontalo," kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Gorontalo Haris Tome.

Bantuan kapal untuk para nelayan ini, adalah program yang kedua kalinya di Tahun 2015, setelah sebelumnya di tahun yang sama Pemkab Gorontalo memberikan bantuan sebanyak 20 Unit kapal ikan bagi para nelayan air tawar di pesisir Danau Limboto.

Namun demikian, tidak semua kelompok nelayan di daerah itu dapat menerima bantuan kapal dari pemerintah, sebab ada beberap syarat yang telah ditetapkan pemerintah, diantaranya harus tercatat sebagai kelompok nelayan.

Selain setiap kelompok yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan kapal tersebut, harus mempunyai Rumpon atau tempat berkumpulnya ikan-ikan sehingga memudahkan kelompok nelayan untuk melakukan penangkapan.

Selanjutnya, setiap kelompok nelayan yang memenuhi syarat tersebut harus menandatangani naskah perjanjian hibah daerah yang memuat berbagai ketentuan harus ditaati penerima bantuan.

"Jika ketentuan tersebut dilanggar, maka pemerintah secara tegas akan menarik kapal tersebut untuk diserahkan kepada kelompok lain yang berhak dan lebih membutuhkan mengingat daftar antri penerima bantuan itu cukup banyak," jelasnya.

Sehingga program bantuan kapal bagi para nelayan ini akan tersalurkan secara baik dan benar sesuai kebutuhan dari para nelayan yang ada, tanpa menyalahi peraturan perundang-undangan berlaku.

Ia pun berharap semoga bantuan tersebut dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga mampu meningkatkan pola perekonomian masyarakat, khususnya bagi para kelompok nelayan pemanfaat bantuan tersebut.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015