Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara telah menyiapkan lahan seluas 400 hektare, untuk program transmigrasi di Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Gorontalo Utara, Ahmad Patilima, Selasa, mengatakan, lahan tersebut sudah dipersiapkan dan mendapat dukungan penuh masyarakat dengan menandatangani surat pernyataan.

Diakuinya berbagai persiapan termasuk membereskan persoalan-persoalan di tingkat masyarakat terus dilakukan agar rencana program transmigrasi yang diharapkan terealisasi minimal tahun 2017 nanti akan dipercepat pada 2016.

Termasuk menggelar forum lintas sektor instansi untuk menghasilkan kesepakatan dan kerja sama merealisasikan program yang akan mendatangkan anggaran dari pusat ke daerah ini.

Wakil Bupati Roni Imran saat membuka forum tersebut mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat wajib menyukseskan program transmigrasi oleh pemerintah pusat.

Sebab dampaknya bagi daerah ini sangat baik, khususnya mendukung perputaran ekonomi dan meningkatkan realisasi pembangunan infrastruktur khususnya di Sumalata Timur.

"Program transmigrasi sangat baik, utamanya dalam menyeimbangkan sebaran penduduk termasuk di daerah tujuan seperti Gorontalo Utara, sebab tidak seluruh warga transmigran berasal dari luar daerah," ungkap Wakil Bupati.

Ia pun berharap, timbul kesepakatan dan kerja sama antara masyarakat maupun pemangku kepentingan khususnya di wilayah Sumalata Timur agar program transmigrasi ini berhasil seperti halnya di Desa Ladapa Kecamatan Sumalata maupun Desa Cempaka Putih dan Papualangi Kecamatan Tolinggula.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015