Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, untuk memprioritaskan terwujudnya program lumbung sapi.

"Gorontalo Utara harus menjadi daerah lumbung sapi, sebab merupakan salah satu program yang dikampanyekan Bupati dan Wakil Bupati saat ini. Juga menjadi program kerja dan prioritas keduanya saat terpilih, bahkan telah dibahas jauh hari sebelumnya melalui kerja sama Utara Utara," kata Wakil Ketua II DPRD, Hamzah Sidik, di Gorontalo, Senin.

Maka Pemkab perlu seriusi agar program tersebut benar-benar terealisasi.

Apalagi DPRD yakin benar masyarakat sangat menginginkan bantuan ini.

"Bahkan kami yakin di setiap desa terdapat kelompok peternak yang sangat menginginkan bantuan pemerintah daerah. Jangan sampai program kerja dan prioritas ini tidak mampu diwujudkan," katanya.

Contoh konkritnya kata Hamzah, untuk Tahun Anggaran 2021, pemerintah daerah mungkin lupa menganggarkan program pengadaan ternak sapi.

Sehingga Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, hanya mengurusi bantuan ternak kambing dan ayam sebesar Rp188 juta.

Padahal, aloksi anggaran gaji, perjalanan dinas dan tunjangan untuk dinas tersebut sangat besar.

"Kami berharap pemkab memperhatikan kondisi itu," katanya.

Agar program-program yang menyentuh kepentingan rakyat, benar-benar menjadi urusan prioritas.

DPRD sangat mendukung keseriusan pemerintah daerah mewujudkan kabupaten lumbung sapi.

"Maka untuk yang terlewatkan penganggarannya di tahun ini, kita berupaya menganggarkannya melalui pokok-pokok pikiran sesuai kewenangan penganggaran yang ada, serta memprioritaskan terwujudnya aspirasi masyarakat," katanya pula.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021