Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, mengajak warga di daerah itu untuk memberantas penyalahgunaan narkoba.

"Ajakan ini tidak hanya saya dengungkan di Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) saja, namun seperti kata Wakil Presiden RI bahwa perlu ada kerja sama dari seluruh elemen masyarakat untuk memerangi narkotika yang disalahgunakan," kata dia di Gorontalo, Senin.

Ia menjelaskan warisan sikap memerangi narkoba perlu dimiliki generasi muda Indonesia agar mereka bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Pemerintah daerah pun memperkuat kerja sama dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menyuarakan lebih luas kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika.

Pada peringatan HANI, ia berharap setiap organisasi dapat mengambil bagian dalam memerangi masalah penyalahgunaan narkotika di daerah, termasuk dunia pendidikan agar segera menerbitkan surat edaran ke setiap sekolah terkait dengan upaya pemberantasan peredaran narkotika di lingkungan pendidikan, baik di lingkungan guru maupun siswa.

"Guru harus memeriksa barang bawaan setiap siswa, termasuk memperhatikan gerak-geriknya saat akan keluar sekolah," katanya.

Ia mengatakan bahwa penyalahgunaan narkotika rentan masuk melalui sekolah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021