Mobil Mobile Combat PSC 119 milik Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo siap beroperasi untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, di Gorontalo, Selasa, mengatakan mobil tersebut melayani vaksinasi COVID-19, pemeriksaan antigen hingga Polymerase Chain Reaction (PCR).

Menurut dia kehadiran mobil tersebut diharapkan dapat menekan penyebaran COVID-19, serta menangani secara cepat terhadap masyarakat terpapar virus corona. Terlebih saat ini, kasus corona kembali mengalami peningkatan.

"Saat ini mobilnya hanya satu. Meski demikian, kami berharap mobil ini dapat melayani masyarakat dalam penanganan COVID-19. Untuk pelayanan masih digratiskan. Nantinya, kami akan membuat regulasi pembiayaan bagi masyarakat ingin melakukan PCR untuk luar daerah," ujar Nelson.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Rony Sampir menuturkan, pelayanan kepala masyarakat sangat cepat dan mudah dengan adanya mobil tersebut.

"Biasanya ketika kita melakukan PCR bisa empat hari hasilnya. Namun, dengan adanya mobil Combat PSC 119 hanya 45 menit hasilnya sudah ada," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam pelayanan tersebut, pihaknya telah menyiapkan tim yang terdiri atas dokter, perawat, surveilans, dan analis.

"Dalam pengoperasian mobil ini ada tiga tim. Setiap tim terdiri dari satu dokter, satu perawat, surveilans, dan analis. Mereka yang akan bergantian dalam 1 x 24 jam," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021