Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, mengimbau masyarakatnya untuk tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya memutus rantai penularan COVID-19.

"Jangan kendur menjaga disiplin 3M, memakai masker, mencuci tangan di air mengalir, menghindari kerumunan. Serta ditambah makan makanan bergizi dan menghindari interaksi langsung tanpa menerapkan prokes," katanya, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan, hal yang menjadi tantangan besar adalah membuat masyarakat percaya bahwa COVID-19 bukan kabar bohong (hoaks).

"Virus Corona ada, bahkan soal varian baru yang disebut varian delta, bukanlah hal yang mustahil. Untuk itu saya pun mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan budaya hidup bersih dan sehat di masa pandemi COVID-19 ini," katanya.

Ia juga mengimbau seluruh pemerintah kecamatan dan desa, untuk terus sosialisasikan penerapan prokes untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Gunakan sarana kegiatan keagamaan untuk menggencarkan sosialisasi tersebut, termasuk dukungan terhadap gerakan vaksinasi COVID-19 yang diharapkan capaiannya telah mampu menembus lebih dari 90 persen di akhir tahun 2021 nanti," katanya lagi.

Dukungan seluruh masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan kekebalan tubuh bersama untuk mencapai kesehatan bersama.

"Virus Corona adalah ujian bagi seluruh manusia di muka bumi ini untuk lebih mawas diri, dan meningkatkan derajat kesehatan diri, keluarga dan masyarakat luas. Khusus daerah ini, kita bersatu menerapkan prokes, menyukseskan vaksinasi COVID-19 agar status zona hijau kembali berlaku," imbuhnya.

Saat ini, 5 dari 11 kecamatan di daerah itu masih berstatus zona kuning.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021