Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Gorontalo, Ghalieb Lahidjun, mengatakan, ikut seriusi adanya isu keinginan masyarakat Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang ingin daerahnya bergabung dengan Provinsi Gorontalo.

"Keinginan ini sangat menarik. Semoga tidak sekadar isu semata," katanya, di Gorontalo, Sabtu.

Jika hal itu benar adanya kata dia, tentu sangat menguntungkan Provinsi Gorontalo. Namun tentu tidak serta merta bergabung, karena pasti ada mekanisme atau tata cara yang ditempuh sesuai regulasi, ataupun aturan dan perundang-undangan yang ada.

Namun sebagai pemuda Gorontalo, ia mengaku sangat merespon keinginan itu.

Ia pun berkeinginan menanggapi keinginan masyarakat Buol-Sulteng tersebut dengan melakukan pertemuan bersama pengurus KNPI kabupaten di daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo, di wilayah barat Gorontalo Utara, di Kecamatan Tolinggula itu.

"Jika benar keinginan tersebut, tentu pemuda di daerah ini sangat mengapresiasinya. Tandanya masyarakat Buol melihat banyak kemajuan yang berhasil dilakukan di daerah tetangganya, khususnya Gorontalo Utara," katanya.

Secepatnya kata dia lagi, KNPI Provinsi Gorontalo akan melakukan pertemuan atau berkoordinasi dengan KNPI Sulteng dan Buol untuk merespon isu tersebut.

Senada dengan itu, Ketua DPD KNPI Gorontalo Utara, Mikdad Yeser pun memberi respon positif terkait keinginan Buol untuk bergabung dengan Gorontalo, khususnya dengan Gorontalo Utara.

Ia bahkan mengaku, akan menginisiasi pertemuan awal dengan pemuda di wilayah perbatasan untuk mengapresiasi keinginan itu.

"Kita perlu melakukan pertemuan lebih awal, untuk mencapai tujuan yang sama dengan pemuda yang ada di Buol, maupun dengan masyarakat di dua wilayah perbatasan ini," ujar pria yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi III DPRD setempat.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021