Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo akan mengevaluasi capaian vaksinasi COVID-19 di seluruh kecamatan dan desa di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

“Kita akan mengevaluasi jumlah warga yang telah mengikuti vaksinasi pada awal bulan November mendatang,” ujar Nelson saat meninjau vaksinasi di Kecamatan Mootilango, Senin.

Ia menjelaskan, untuk penerima vaksin di Mootilango telah mencapai 2.000 orang dari sekitar 15.000 warga.

"Itu menunjukkan hampir 20 persen. Memang bulan Agustus target kita 20 persen dan sampai November sudah 80 persen,” ucapnya.

Nelson menargetkan saat Hari Ulang Tahun Kabupaten Gorontalo pada November, sudah 80 persen masyarakat di daerah itu yang telah mengikuti vaksinasi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo pun saat berencana membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada 1 September 2021 nanti.

Pandemi COVID-19 menyebabkan sekitar 400 siswa di Kabupaten Gorontalo mulai enggan bersekolah.

Sementara itu rata-rata siswa yang duduk di bangku kelas dua dan tiga sekolah dasar tidak mampu membaca, sehingga kondisi ini dikhawatirkan akan menyebabkan lost generation, dalam waktu dua dekade mendatang.

"Kalau tidak, dikhawatirkan akan terjadi lost generation, generasi yang hilang, sepuluh, dua puluh tahun ke depan. Kita tidak akan memiliki orang-orang yang bisa kita andalkan dalam membangun daerah ini,” kata dia.

 

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021