Pelaksanaan reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, khususnya yang digelar Wakil Ketua I DPRD Roni Imran, diawali dengan menggelar vaksinasi COVID-19 ke sejumlah warga.

"Kami melakukan langkah inovasi, mengundang 100 orang warga di daerah pemilihan (Dapil) Kwandang. Tak disangka jumlah warga yang datang membludak dan antusias bersedia divaksin pada pelaksanaan reses ini," kata Roni, di Gorontalo, Selasa.

Menurutnya, kendala pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Gorontalo termasuk di daerah itu, adalah hoaks atau kabar bohong tentang dampak vaksinasi.

Hoaks pun harus ada antinya yang juga perlu masif dilakukan, yaitu dengan menggelar kegiatan edukasi dan aplikatif.

"Kita menangkal hoaks dengan imbauan-imbauan bermuatan positif bahwa vaksin ini penting, aman, halal dan untuk kesehatan bersama, sambil bergerak melaksanakan vaksinasi. Terbukti hasilnya memuaskan," katanya.

DPRD perlu menjadi bagian penting dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kata Roni, mengingat setiap anggota DPRD dipastikan memiliki massa atau konstituen bahkan simpatisan.

Dan reses pun merupakan salah satu ruang yang tepat untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan target capaian vaksinasi khususnya di daerah itu.

Namun ia memastikan, dukungan pelaksanaan vaksinasi tersebut tidak sekadar dalam kegiatan reses saja. "Kami akan bergerak di setiap Dapil untuk mendukung cepat tuntasnya target sasaran vaksinasi hingga pada November 2021 nanti dapat mendukung terealisasinya target nasional," katanya pula.

Ia berharap, seluruh pemangku kepentingan, termasuk tokoh-tokoh masyarakat agar ikut bergerak menyampaikan kepada masyarakat terkait pentingnya pelaksanaan vaksinasi ini.

Jika pun pemerintah daerah bersikap tegas dan sifatnya memaksa, DPRD akan memberi dukungan sebab kepentingan tersebut adalah untuk penanganan bencana kesehatan yang dihadapi seluruh dunia.

Namun hal penting yang perlu diperhatikan pemerintah daerah katanya lagi, untuk masyarakat yang kondisi kesehatannya tidak dapat divaksin karena alasan medis.

Tentu tidak boleh disama ratakan dengan kondisi masyarakat yang sehat.

Masyarakat tidak perlu khawatir, sebab dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dilakukan pemeriksaan kesehatan (skrining) sehingga tidak langsung disuntik.

"Jangan ragu divaksin dan jangan mudah percaya hoaks sebab anggota DPRD juga telah divaksin," imbuhnya.

Roni bersama Ketua Komisi II DPRD Andi Matawang, menggelar reses terpusat di Desa Katialada, Kecamatan Kwandang, bekerja sama dengan pemerintah desa setempat dan Puskesmas Kwandang.

Pelaksanaannya pun diawasi langsung pihak Polsek dan Koramil Kwandang.***
Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran, menggelar reses sekaligus vaksinasi COVID-19 terpusat di Kecamatan Kwandang. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021