Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo masuk dalam delapan besar penerima Penghargaan Paritrana Award tahun 2020, setelah bersaing dengan 650 kabupaten dan kota. 

Kepala Dinas Penamaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, Djumaidil di Gorontalo, Jumat, mengatakan masuknya Bone Bolango dalam Paritrana Award itu tidak lepas sejak tiga tahun terakhir telah mendaftarkan para pekerja sektor informal. 

"Kabupaten Bone Bolango cakupan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini sudah mencapai 78 persen kepesertaan dan tiga tahun terakhir telah menjangkau kurang lebih 20.000 para pekerja sektor informal," jelas Kadis Djumaidil. 

Paritrana Award Tahun 2020 sendiri sudah yang keempat kalinya sejak pertama kali digelar pada Tahun 2017 silam. 

"Paritrana Award merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya. 

Djumaidil mengatakan, pada bulan Maret 2021, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou telah menjalani wawancara oleh Tim Penilai Paritrana Award ini bersaing dengan Kabupaten Bombana, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Raja Ampat, Kota Bekasi, Kota Jakarta Timur, dan Kota Tangerang Selatan. 

Dalam wawancara itu, Bupati Hamim memaparkan cakupan jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Bone Bolango yang sudah menjangkau para pekerja sektor informal. 

"Bahkan pihaknya dalam memimpin Bone Bolango, telah mendaftarkan para ASN dan tenaga Honorer dalam jaminan sosial ketenagakerjaan," pungkasnya. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021