Personil Direktorat Samapta Polda Gorontalo mengikuti latihan pengendalian massa (Dalmas) untuk meningkatkan kemampuan pasukan di halaman Polda tersebut.

Direktur Samapta Polda Gorontalo, Kombes Pol Achmad Surbana di Gorontalo, Selasa, mengatakan latihan itu dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan personil Dalmas.

"Dengan latihan ini, personil dapat meningkatkan kemampuan individu serta satuan dalam menghadapi unjuk rasa di wilayah hukum Polda Gorontalo," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam latihan itu juga, pihaknya memeriksa kesiapan personil, peralatan dan sarana prasarana penunjang dalam pergerakan setiap kegiatan.

Achmad juga mengungkapkan, melalui latihan itu, pihaknya ingin meningkatkan kemampuan gerakan Dalmas serta bentuk kesiapan dalam mengatasi masalah atau meningkatkan rasa yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Selain itu keberadaan Dalmas merupakan langkah kesiapan aparat Kepolisian menghadapi demonstran yang berpotensi anarkis.

"Semakin sering dilatih, materi yang disampaikan bisa diterapkan dengan baik oleh personel, menghindari terjadinya kesalahan prosedur di lapangan," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021