Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Para pedagang musiman yang bermunculan saat Festival Boalemo mengaku bisa meraup keuntungan yang lebih besar selama kegiatan tersebut berlangsung.

Salah seorang pedagang makanan di kawasan Pantai Bolihutuo, Hana Manke (60) mengungkapkan ia pindah berjualan dari rumahnya ke area lokasi festival sejak lima hari lalu.

"Sebelum festival dibuka tanggal 10 September kemarin pembeli masih sepi, tapi dua hari ini sangat ramai. Alhamdulillah keuntungan yang saya peroleh jauh lebih besar dibanding berjualan di rumah sendiri," ujarnya di Gorontalo, Jumat.

Ia mengaku omset dagangannya meningkat sekitar 30 persen setiap hari dengan hanya berjualan minuman dan makanan ringan.

Hal yang sama juga diungkapkan pedagang kelapa muda, Karim (47) yang diserbu pembeli dalam dua hari terakhir.

"Mungkin karena cuaca sangat panas sehingga es kelapa muda yang saya jual laris manis. Sehari bisa menghabiskan 40 buah kelapa yang disajikan sesuai keinginan konsumen," katanya.

Berdasarkan pantauan, ratusan pedagang musiman memadati tepi jalan di sebelah pantai dan di sekitar lokasi stan pameran yang terletak di dalam.

Berbagai kuliner, kerajina tangan hingga jasa dan fasilitas olahraga air tersebar di sebagian besar area Pantai Bolihutuo.

Festival Boalemo dibuka oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani pada Rabu (10/9) di Pantai Bolihutuo, dengan rangkaian kegiatan diantaranya pagelaran seni, peresmian Pulau Cinta sebagai kawasan wisata, penebaran benih ikan oleh 150 penyelam, terjun payung, parade kapal nelayan hingga pengobatan gratis.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015