Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyebutkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) akan memfasilitasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Peran BPP di Kabupaten Gorontalo akan dikembangkan, sehingga menjadi sentral pengembangan ekonomi di wilayah kecamatan," ujar Nelson usai pembinaan aparat Dinas Pertanian dan Penyuluh Pertanian, Selasa.

Dengan pengembangan peran BPP, maka selain fokus pada pendampingan sektor pertanian, BPP dapat menangani urusan serumpun yang meliputi sektor pertanian, peternakan dan UMKM.

Nelson mengaku jika Pemkab Gorontalo telah membentuk kelompok kerja pengembangan ekonomi rakyat (PER) dari tingkat kecamatan hingga kabupaten.

Karena era pandemi COVID-19 kata dia, Pemkab Gorontalo terus mendorong kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan dua hal itu dapat dilakukan melalui BPP.

BPP pun diharapkan mampu mensosialisasikan manfaat dari vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat yang belum divaksin. Dengan begitu target pemerintah daerah untuk capaian 80 persen peserta vaksin dapat dicapai.

"Bagaimana ini membantu pemerintah daerah, TNI dan Polri dalam percepatan vaksinasi di kecamatan dan desa, sebab seluruh BPP maupun mantri tani membawahi kurang lebih dua ribu kelompok tani," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021