Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menerima penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik tingkat kabupaten/kota non IHK regional Sulawesi pada TPID Award 2021.

Piala dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amelia Adininggar Widyasari kepada Bupati Hamim Pou di Gorontalo, Jumat.

Prestasi tersebut, kata Bupati Hamim, membuat Pemerintah Kabupaten Bone Bolango kembali mendapatkan Dana Instensif Daerah (DID) menjelang penghujung tahun 2021.

"Keberhasilan merupakan hasil kolaborasi, apa yang dikerjakan di Bone Bolango berbasis fakta lokal di tempat kami. Misalnya, sektor pertanian menjadi sektor dominan disini. Maka kita harus intervensi betul sektor ini termasuk para petani. Karena kami punya program program Harapan Petani kalau disingkat HP," jelasnya.

Selain itu, kata Hamim, Pemkab Bone Bolango memberikan jaminan perlindungan atau asuransi bekerja sama dengan Jasindo kepada petani ketika gagal panen.

"Produk pertaian seperti cabai yang disebut-sebut sebagai penyuplai inflasi. Kita bantu lewat APBD diberikan modal pemberian bibit cabe. Termasuk dari segi infrastur kita perbaiki. Infrastruktur askes ke lokasi produk pertanian kita rapikan," ucapnya.

Bupati Hamim Pou menegaskan, selain pertanian pihaknya juga fokus pada UMKM. Sepanjang pandemi COVID-19 Pemkab Bone Bolango terus melakukan intervensi, baik lewat pelatihan, akses pemasaran juga modal usaha.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021