Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menyiapkan strategi jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam penanganan bencana banjir yang melanda Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Untuk jangka pendek kita melakukan kerja bakti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lokasi terdampak banjir di Limboto dan Limboto Barat," ujar Bupati di Gorontalo, Senin.

Selanjutnya kata Nelson, pada pekan ini pihaknya akan membersihkan salurah yang tersumbat, perbaikan jembatan sementara dan mencari solusi termasuk mengidentifikasi korban banjir untuk diberikan bantuan.

"Contohnya dua hari kemarin kita mulai menyalurkan bantuan dan melakukan pembersihan," ucapnya.

Untuk jangka menengah, dalam waktu satu atau dua pekan nanti Pemkab Gorontalo melihat sumber anggaran untuk penanggulangan banjir, seperti ke Balai Wilayah Sungai (BWS), Pemerintah Provinsi Gorontalo dan anggaran di Kabupaten Gorontalo.

"Untuk jangka panjang akan dilakukan revitalisasi secara total sistem pengairan di Kecamatan Limboto dan wilayah lainnya," bebernya.

Selain itu menurut Nelson, partisipasi masyarakat sangat penting untuk bersama melakukan pembersihan sisa banjir.

"Selain itu kita juga telah menyalurkan bantuan makanan, membantu pembersihan sisa banjir dan membersihkan saluran tersumbat," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021