Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Gorontalo kerja sama dengan Universitas Bina Mandiri dan SMK Bina Mandiri Bone Bolango, untuk pengembangan pariwisata di daerah tersebut.

Kepala Dispar Gorontalo Rifli Katili, Senin, mengatakan kerja sama itu akan berkaitan dengan pendidikan, magang, dan pengembangan destinasi.

“Jadi dengan adanya sekolah kejuruan pariwisata yang digagas oleh Yayasan Universitas Bina Mandiri Gorontalo, kami juga berharap akan meningkatkan kualitas SDM di bidang ini,” katanya di Gorontalo.

Dari kerja sama tersebut, ia optimistis SDM Gorontalo semakin berkualitas dan mampu bersaing di dunia industri pariwisata.

Selain itu, kata dia, kehadiran Jurusan Ekowisata dan Wisata Bahari sangat relevan dengan kondisi alam dan potensi pariwisata di Kabupaten Bone Bolango dengan garis pantai yang panjang.

“Kami berharap SDM yang dihasilkan ini, bisa mendorong dan kemajuan tata kelola destinasi yang ada di daerah pesisir. Juga akan menambah minat masyarakat di sektor pariwisata,” tambahnya.

Secara umum, Rifli menilai daerah tersebut memiliki banyak destinasi ekowisata terutama bahari, namun belum semua dikelola.

Rektor Universitas Bina Mandiri Gorontalo Titin Dunggio menyebut SMK Bina Mandiri Bone Bolango telah membuka dua jurusan tersebut, untuk membantu pengembangan pariwisata daerah.

Ia menjelaskan,  dukungan dispar dan pihak terkait akan membantu pengelolaan jurusan baru tersebut.

“Kami akan mendorong siswa SMK untuk mengaplikasikan ilmunya di daerah, agar pariwisata Gorontalo terus maju,” ujarnya.

 

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021