Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, memudahkan pelayanan kependudukan dengan mendekatkan layanan di desa-desa yang sulit dijangkau.

Kepala Dinas Dukcapil, Oktavianus Rahman saat melakukan pelayanan kependudukan di Desa Tulabolo Barat, Senin, mengatakan pihaknya telah membuka pelayanan di desa-desa.

"Semua pelayanan kependudukan sudah ada di desa, jadi ini untuk membantu masyarakat dan ini gratis atau tidak dipungut biaya," ujarnya.

Pelayanan yang dapat dilakukan di kantor desa yaitu pelayanan cetak akta kelahiran, kartu keluarga, surat kematian dan pindah datang penduduk.

"Sehingga masyarakat langsung bisa mencetaknya di desa, tidak harus datang ke kantor Dukcapil atau Mal Pelayanan Publik," jelasnya.

Oktav mengungkapkan, Dukcapil Bone Bolango memiliki petugas registrasi desa yang membantu masyarakat mengurus dokumen yang dibutuhkan masyarakat.

Untuk pelayanan di Desa Tulabolo Barat, Kadis menjelaskan jika akses menuju lokasi tersebut memang cukup jauh dan harus menyeberangi sungai.

Sehingga dengan adanya pelayanan di kantor desa, maka dapat menghemat biaya dan tenaga dari masyarakat jika harus datang ke kantornya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021