Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Warga Gorontalo antusias menyaksikan fenomena alam "Supermoon" atau bulan super berwarna merah darah yang terlihat di langit kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Bulan malam ini terlihat romatis," ujar seorang warga kota Gorontalo, Maria Nurkamiden yang ditemui saat menyaksikan fenomena "Supermoon" terlihat di langit kota Gorontalo, Selasa malam.

Hal serupa dikatakan oleh Mohamad Iqbal Abbas, seorang mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang melihat fenomena unik tersebut.

"Bulannya terlihat sangat besar dan agak berwarna merah, saya sangat menikmatinya, dan saya pun mengabadikannya dalam foto-foto, senang sekali dapat menikmati momen unik ini," kata Iqbal.

Fandy Wahab, seorang warga Kota Gorontalo mengatakan tidak mengetahui kenapa bulan bisa terlihat begitu besar dan sedikit berwarna merah.

"Ini merupakan pengalaman pertama saya melihat bulan yang terlihat lebih besar dari biasanya dan berwarna sedikit merah, saya tidak tahu kenapa bisa seperti itu, namun bulan malam ini terlihat sangat indah," katanya.

Menurut "wikipedia", "Supermoon" atau bulan super adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015