Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo akan segera melakukan perbaikan terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) dari peserta Pilkada tahun 2015 yang mengalami kerusakan.

"Dalam waktu satu atau dua hari ini KPU segera akan memperbaiki atau melakukan penggantian sejumlah APK pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang tidak layak lagi digunakan sebagai media sosialisasi," kata Ketua KPU Hendrik Imran, Rabu.

Ia mengatakan, kerusakan APK yang terjadi saat ini bukan karena masalah kualitas bahan cetak yang digunakan untuk pembuatannya. Sebab selama ini APK yang dipesan telah disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Kerusakan APK yang dipasang di sejumlah wilayah di Kabupaten Gorontalo belum lama ini, sebagian besar diakibatkan oleh dampak dari kondisi cuaca ekstrim yang melanda daerah itu sejak beberapa bulan terkahir.

"Cuaca yang relatif panas serta angin yang berhembus cukup kencang di siang hari mengakibatkan sejumlah APK sobek dan terlepas dari kuda-kuda skor penyangga yang dipasang para petugas rekanan KPU beberapa waktu lalu," ujarnya.

Namun demikian, Hendrik berjanji pihaknya akan melakukan pembenahan dengan mengganti seluruh APK yang dinilai tidak lagi memenuhi syarat untuk digunakan sebagai atribut kampanye para calon peserta pilkada.

Ia menjelaskan, semua APK telah selesai dicetak berdasarkan hasil pendataan APK yang tidak layak lagi digunakan, dan itu segera akan dilakukan pemasangan pada zona-zona yang telah ditentukan sebelumnya.

Ia juga meminta pihak rekanan agar tidak asal-asalan dalam urusan pemasangan APK, sehingga jika terkena hembusan angin tidak rusak atau lepas dari tali ataupun penyangga kayu yang digunakan untuk pemasangan APK.

Pewarta: Fadli

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015