Warga Kabupaten Gorontalo Utara antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Gorontalo.

"Kami senang, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi warga di daerah ini didekatkan. Pelayanannya pun cepat dan memuaskan. Warga tidak perlu ke puskesmas untuk divaksin mengingat jaraknya cukup jauh dari desa kami," kata Sri Nur Suaib, warga Desa Bualemo, Kecamatan Kwandang, Rabu.

Gerai vaksinasi yang dibuka di kantor desa tersebut memudahkan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

Warga setempat yang belum divaksin dapat segera datang karena alasan jarak antara tempat tinggal dan tempat vaksinasi tidak lagi menjadi berkendala.

Kepala BIN Gorontalo, Suryono, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo, serta Dinas Kesehatan dan puskesmas membuka gerai vaksinasi di desa dan kelurahan.

Ia menjelaskan tujuan kegiatan itu agar capaian vaksinasi COVID-19 di daerah setempat mengalami peningkatan yang signifikan, khususnya di Kabupaten Gorontalo Utara yang masih tergolong rendah capaiannya. Untuk dosis 1 baru mencapai 51,70 persen atau 51.648 sasaran.

Ia menyebut capaian vaksinasi harus terus naik sehingga Binda ikut menggelar vaksinasi di kabupaten tersebut.

Pihaknya akan membantu memperluas cakupan vaksinasi COVID-19 disinergikan dengan target pemerintah kabupaten untuk mencapai 100 sasaran warga divaksin per hari per lokasi.

"Sehingga minimal ada 1.500 orang divaksin setiap hari di daerah ini baik masyarakat maupun pelajar," katanya.

Pihaknya juga menggunakan alat peraga berupa baliho untuk menyampaikan imbauan kepada warga bahwa vaksin COVID-19 aman, halal, dan sehat.

Selain itu, mengajak warga untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan di air mengalir, dan menjaga jarak.

Kepala Puskesmas Kwandang Yuliana Mizar mengatakan pihaknya mulai menggunakan vaksin Moderna dan Pzifer pada vaksinasi COVID-19 dosis 1 di daerah itu.
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang digelar BIN Daerah Gorontalo, di Desa Bualemo, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021