Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo memaparkan kebijakan pengembangan UMKM pada webinar nasional obrolan lestari II pada Festival Kabupaten Lestari (FKL) ke-4 Tahun 2021, Rabu.

Webinar yang mengangkat tema "Menciptakan Pasar Untuk Usaha Mikro Kecill Menegah (UMKM) dan Komuditas Lestari", berbentuk panel eksklusif dalam mendiskusikan peluang - peluang komoditas lestari ekosistim pengadaan barang dan jasa serta pasar lebih luas.

Pada kesempatan itu, Bupati Nelson mengungkapkan pemerintah kabupaten setempat membentuk satu dinas atau organisasi perangkat daerah yaitu Koperasi dan UMKM.

"Dari segi data UMKM, ada 39 ribu pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten Gorontalo, dimana pada setiap tahun dilakukan 'update' terus menerus," kata Nelson.

Selain itu kata Bupati, Pemkab Gorontalo terus mendorong pelaku UMKM dari sisi permodalan baik dana Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah pusat maupun perbankan.

"Termasuk kami juga di setiap tahun terus melakukan pembinaan untuk peningkatan kapasitas para pelaku UMKM. Selain itu membuka akses pasar bagi mereka melalui pameran, digitalisasi serta barang dan jasa," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam RPJMD Kabupaten Gorontalo Tahun 2021-2026 pertanian terpadu dan UMKM koperasi menjadi salah satu unggulan.

"Untuk itu pemerintah daerah dalam meningkatkan UMKM, yakni mendorong melalui rumah kemasan IKM yang berada di Kabupaten Gorontalo," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021